Bulan: September 2017

  • Jual Bata Ringan Non Standart dan Recutting

    Bata ringan semakin diminati dengan  permintaan pasar yang meningkat dari tahun ke tahun. Keberadaan bata ringan telah mampu diterima oleh pasar bahkan masyarakat luas baik di perkotaan maupun di pedesaan. Ketersediaan stock yang lebih terjamin, kualitas yang terjaga standarisasinya serta harga yang ekonomis saat ini. Apalagi menjelang musim hujan sebentar lagi, kita tahu jika bata merah konvensional sangat tergantung pada musim atau cuaca dimana bata merah tersebut diproduksi sedangkan produksi bata ringan tidak tergantung dengan perubahan musim atau cuaca.
    Permintaan bata ringan juga semakin tinggi dikalangan dunia property perumahan bahkan perumahan bersubsidi sekalipun. Saat ini banyak sekali pengusaha perumahan bersubsidi menggunakan bata ringan dalam proses pengerjaan proyeknya. Pertanyaannya apakah dengan pemakaian bata ringan tidak membuat budget proyeknya menjadi lebih mahal ?
    Ternyata bata ringan yang digunakan bukanlah type yang ukuran standart yang umumnya diproduksi oleh pabrikan bata ringan namun menggunakan bata ringan yang merupakan kategori Non Standart atau Recutting yang maksudnya adalah bata ringan dengan ukuran non standart. Ukuran dimensi bata ringan yang standart adalah panjang = 60 cm dan tinggi = 20 cm, nah bata ringan non standart atau re cutting yang banyak digunakan oleh pengusaha perumahan bersubsidi adalah bata ringan dengan ukuran dimensi panjang kurang dari 60 cm yaitu ada yang ukuran panjang 50 cm, 40 cm bahkan 30 cm. Bata ringan non standart atau re cutting adalah bata ringan yang diproduksi sebagaimana mestinya namun dalam setiap produksi pasti terdapat bata ringan yang masuk kategori cacat produksi kemudian dipotong ulang dengan ukuran dibawah panjang 60 cm.
    Tentu saja dari segi kualitas tidak berbeda dengan bata ringan ukuran standart hanya saja ukuran panjangnya tidak 60 cm. Keuntungan lainnya jika menggunakan bata ringan non standart atau recutting adalah dari segi harga yang lebih murah dibandingkan dengan bata ringan ukuran standart.
    Perumahan bersubsidi yang banyak menggunakan bata ringan non standart tidak hanya yang berlokasi di pulau Jawa saja namun juga diminati serta banyak digunakan pada perumahan bersubsidi diluar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, Flores dan sebagainya.
    Untuk unit produksi bata ringan di luar pulau Jawa masih lah sedikit terutama dari jenis bata ringan type AAC, yang banyak diproduksi diluar pulau Jawa adalah bata ringan type CLC yang banyak dijumpai di Kalimantan dengan merk Excel dan di Sulawesi. Di Pulau Sulawesi bata ringan AAC saat ini ada Kalla Block dan Maccon, namun secara kualitas maupun tampilan bata ringan AAC yang diproduksi di pulau Jawa masih lebih baik atau unggul daripada bata ringan AAC yang diproduksi di luar pulau Jawa. Alasan inilah yang membuat permintaan bata ringan AAC non standart atau Recutting semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tentu saja pertimbangan dari segi harga merupakan salah satu yang terpenting.
    Hampir semua merk bata ringan AAC yang di produksi di pulau Jawa khususnya yang diproduksi di Jawa Timur  seperti : Citicon, Brix, Falcon, Priority One dan lainnya memiliki stock  bata ringan kelas non standart atau recutting walaupun stocknya terbatas dan tidak dapat ditentukan ketersediaannya.

    Pemakaian bata ringan ukuran non standart atau recutting dirasa lebih murah atau setara dengan bata merah konvensional namun memiliki kecepatan dan kepraktisan dalam pemasangannya sehingga lebih mampu memberikan efisiensi biaya material, biaya tenaga kerja dan juga proyek perumahan bersubsidi lebih cepat diselesaikan.

    Kisaran harga bata ringan ukuran npn standart atau recutting di pasaran Surabaya, Sidoarjo, Gresik di kisaran Rp. 400.000 - Rp. 450.000/m3, sedangkan harga  bata ringan ukuran standart di kisaran Rp. 700.000/m3. Dari perbandingan tersebut maka dengan menggunakan bata ringan non standart atau recutting mempunya selisih atau efiensi sebesar Rp. 200.000/m3.

    Jika dibandingkan dengan bata merah konvensional yang mempunyai harga di kisaran Rp. 580 - Rp. 600.000/pcs, dimana 800 pcs bata merah konvensional setara dengan 1 m3 bata ringan maka perbandingan budgetnya adalah bata merah konvensional = 800 x 600 = Rp. 480.000 jika memakai bata ringan AAC non standart atau recutting = 1 m3 = Rp. 450.000 maka dapat dilihat penggunaan bata ringan non standart atau recutting lebih murah dari pada bata merah monvensional.

    Informasi dan pemesanan bata ringan berbagai merk terkenal baik ukuran standart maupun non standart dengan harga yang bersaing dapat menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya sebagai salah satu distributor bata ringan yang jual bata ringan dengan beberapa cabang di kota kota Jawa Timur :

    PT. Tiga Mitra Jember
    Ruko Sukorejo kavling no. 02
    Jl. Kapten Pierre Tendean - Karangrejo - Sumbersari Jember
    Telp. (0331) 323400, 082234615557

    PT. Tiga Mitra Surabaya
    Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan – Benowo – Surabaya 60198
    Telp. (031) 51160405, Hp. 081231313222, 087852574222, 085733098111

    PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Malang
    Jl. Ki Ageng Gribig gang 1 no. 16 Malang
    Telp. (0341) 3022290 HP. 082132137447

    PT. Tiga Mitra Madiun
    Pertokoan Rado Trade  Centre
    Jl. Ring Road Barat Blok RA no. 26 Madiun
    Telp. (0351) 4773060, 085807498222, 085807498333

     

  • Kuat Tekan Bata Ringan Type AAC di Kota Jember

    Kuat Tekan Bata Ringan dan Bata Merah
    Sebagian besar konsumen di Jember mempertanyakan perihal kekuatan bata ringan serta  masih beranggapan bahwa bata ringan dengan bobotnya yang ringan tidak mempunyai kekuatan, Kekuatiran jika dipasang akan mudah roboh. Anggapan itu mungkin berdasarkan pada tradisi atau kebiasaan yang sudah turun temurun menggunakan bata merah serta enggan untuk merubah kebiasaan tersebut walaupun jaman serta teknologi telah berkembang dengan pesat apalagi di sini masih banyak industri bata merah konvensional dan harganya masih cukup ekonomis.
    Berbeda dengan bata merah konvensional yang diproduksi secara tradisional, bata ringan diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih serta menggunakan mesin-mesin modern terkomputerisasi, produk akhir sebelum dipasarkan dilakukan pengujian kekuatan yang dilakukan di laboratorium resmi seperti sucofindo ataupun pada laboratorium Institut Negeri dalam hal ini di Jawa Timur di ITS Surabaya.
    Kekuatan bata ringan dalam hasil pengujian laboratorium ditunjukkan dalam satuan kuat tekan N/mm2, mungkin mayoritas masyarakat masih belum paham atau mengenal angka satuan tersebut.
    Apa itu kuat tekan? Pengertian kuat tekan disini merupakan suatu kapasitas dari suatu material atau struktur suatu benda dalam menahan beban yang akan mengurangi ukurannya dengan kata lain besarnya beban per satuan luas, yang menyebabkan benda uji dapat hancur bila dibebani dengan gaya tekan tertentu, dalam sebuah pengujian biasanya menggunakan mesin untuk memberikan daya tekan tertentu.
    Kuat tekan dinyatakan dalam satuan = N/mm2 atau Mpa ( Mega Pascal)
    MPa = Mega Pascal ; 1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2
    Berikut akan disampaikan perbandingan kuat tekan antara Bata Merah dengan Bata Ringan.
    Spesifikasi batu merah
    • Berat jenis kering (?) : 1500 kg/m3
    • Berat jenis normal (?) : 2000 kg/m3
    • Kuat tekan : 2,5 N/mm²
    • Konduktifitas termis : 0,380 W/mK
    • Tebal spesi : 20 – 30 mm
    • Ketahanan terhadap api : 2 jam
    Mungkin ada pertanyaan darimana data tersebut didapat? Memang jika ditanyakan pada pengerajin bata merah tentu saja tidak akan mendapatkan data data tersebut karena pengerajin bata merah tidak akan melakukan uji lab seperti diatas dikarenakan biaya pengujiannya yang cukup mahal. Data tersebut didapatkan dari pabrikasi bata ringan yang melakukan pengujian untuk mendapatkan data perbandingan kuat tekan bata merah dibandingkan dengan kuat tekan bata ringan.
    Dari. daftar diatas menunjukkan kuat tekan bata merah sebesar 2,5 N/mm2 atau 2 Mpa atau 25 kg/cm2, artinya bahwa bata merah akan hancur bila mendapatkan tekanan diatas 25 kg persatuan luas cm2 nya.
    Spesifikasi Bata Ringan
    • Berat jenis kering : 520 kg/m3
    • Berat jenis normal : 650 kg/m3
    • Kuat tekan : > 4,0 N/mm2
    • Konduktifitas termis : 0,14 W/mK
    • Tebal spesi : 3 mm
    • Ketahanan terhadap api : 4 jam
    Dari daftar diatas menunjukkan kuat tekan bata ringan sebesar >4 N/mm2 atau 4 Mpa atau 40 kg/cm2, artinya bahwa bata ringan akan hancur bila mendapatkan tekanan diatas 40 kg persatuan luas cm2 nya.
    Bata merah bila mendapatkan tekanan sebesar 40 kg/cm2 akan mengalami patah atau rusak karena hanya mampu menahan gaya tekanan di angka 25 kg/cm2 sedangkan bata ringan masih mampu menahan gaya tekan sebesar 40 kg/cm2.
    Dari perbandingan diatas menunjukkan bahwa bata ringan mempunyai kuat tekan yang lebih kuat dibandingkan dengan bata merah walaupun bata ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan bata merah. Tiap-tiap merk bata ringan telah melalui uji lab serta mempunyai sertifikasi pengujian kuat tekan.
    Dengan pengujian kuat tekan yang dihasilkan maka dapat membantah anggapan apakah bata ringan memiliki kekuatan padahal bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan bata merah.
    Bata ringan mempunyai bobot yang lebih ringan daripada bata merah bukan berarti tidak mempunyai kekuatan justru kuat tekan bata ringan lebih kuat daripada bata merah.
    Dengan hasil pengujian tersebut maka dapat dijadikan bahan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat di kota Jember dan sekitarnya terkait hadirnya bata ringan sebagai pengganti bata merah konvensional. Jadi dengan data diatas maka tidak perlu lagi ada keraguan untuk memilih bata ringan sebagai material pasangan dinding karena terbukti mempunyai kuat tekan yang lebih kuat daripada bata merah walaupun memiliki bobot yang ringan jauh lebih ringan daripada bata merah.
    Tentu saja untuk daerah-daerah yang terletak di pinggiran kota Jember atau pedesaan masih sangat diperlukan sosialisasi serta edukasi mengenai hal ini, tradisi serta kebiasaan yang telah turun temurun juga merupakan factor utama kenapa masih banyak yang beranggapan bahwa bata ringan yang memiliki bobot ringan tidak mempunyai kekuatan yang lebih baik daripada bata merah.
    Dalam pengujian yang dapat dilakukan secara sederhana ambil contoh bata merah dan bata ringan lalu pukullah dengan menggunakan alat pukul seperti palu, pertama pukul dengan keras contoh bata merah setelah itu gentian contoh bata ringan dipukul dengan palu kemudian rasakan bedanya kekuatan kedua benda tersebut maka anda akan dapat mengetahui kuat tekan kedua jenis bata ini.
    Dalam aplikasi pemasangan bata ringan untuk pasangan dinding bangunan agar lebih mempunyai kekuatan ikat terhadap struktur dapat dilakukan dengan memberikan angker berupa sebuah paku beton atau besi cor dengan panjang kurang lebih 10 cm yang ditancapkan sebagian pada bata ringan serta sebagian lainnya di kolom struktur di setiap tiga susunan bata ringan yang terpasang. Ini merupakan tips untuk lebih memberikan jaminan kuat ikat material bata bata ringan pada struktur kolom bangunan.
    Selain mempunyai keunggulan dalam hal kuat tekan, bata ringan juga mempunyai keunggulan-keunggulan lainnya seperti : hemat energy, lebih tahan gempa yang akan dijelaskan dalam artikel tersendiri di website ini.
    Jual Bata Ringan berbagai merk
    Saat ini telah hadir banyak merk bata ringan di kota Jember yang mempunyai sertifikasi uji lab kuat tekan seperti Citicon, Grand Elephant, Bricon, Focon, Gracon, Falcon, Fastcon, Brix, Priority One, Great Wall. Ecoblock, ICC, Utomo, Optima yang sudah banyak dijual di toko-toko bangunan yang ada di hampir seluruh wilayah Jawa Timur.
    Untuk konsumen yang berada di sekitar wilayah Kabupaten maupun kota Jember sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh untuk dating ke Surabaya guna memastikan keberadaan PT. Tiga Mitra Surabaya sebagai salah satu distributor bata ringan yang jual bata ringan, panel lantai dan semen mortar, karena saat ini telah dibuka kantor cabang di Jember supaya lebih dekat dengan konsumen serta pelayanan yang lebih responsive.
    Informasi dan pemesanan bata ringan berbagai merk terkenal dengan harga bersaing untuk wilayah Jember dan sekitarnya dapat menghubungi :

    Kantor Cabang PT. Tiga Mitra Surabaya di Jember
    Ruko Sukorejo Jl. Kapten. Pierre Tendean Kav No. 2 Karangrejo - Sumbersari - Jember
    Telp. (0331) 323400 Hp. 082234615557, 087853574333

    Kantor Cabang Madiun
    Ruko RTC (Rado Trade Centre)
    Jl. Ring Road Barat Blok RA no. 26 Madiun
    Hotline : 085807499333, 082233556786

    PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Malang
    Jl. Ki Ageng Gribig gang 1 no. 16 Malang
    Telp. (0341) 3022290 HP. 082132137447

    PT. Tiga Mitra Surabaya
    Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan – Surabaya 60198
    Telp. (031) 51160405,
    Hp. 085100398222, 081231313222, 085331398222, 087852574222, 085733098111